Cara Mematangkan Durian – Jual Bibit Buah Unggul di Nayya Farm Cileungsi
Cara Mematangkan Durian – Jual Bibit Buah Unggul di Nayya Farm Cileungsi

Cara Mematangkan Durian – Jual Bibit Buah Unggul di Nayya Farm Cileungsi

Cara Mematangkan Buah Durian dengan Cepat

Nayya Farm CIleungsi

Tersedia Bibit Buah Unggul

Harga Grosir dan Eceran 

jual bbit durian di nayya farm cileungsi

Cara Mematangkan Durian

Apapun jenis buahnya tentu akan lebih enak jika buah tersebut sudah matang di pohon, termasuk buah durian. Proses pematangan buah secara alami tentu saja akan menghasilkan daging buah yang lebih legit dan enak. Sayangnya, ada oknum pedagang buah yang menjual buah yang belum matang, salah satunya adalah buah durian. Pembeli yang tidak pandai memilih durian matang sudah pasti akan tertipu oleh oknum pedagang tersebut

Adapun cara mematangkan durian adalah sebagai berikut;

1. Peram Durian dalam Beras

Durian adalah buah yang dapat matang secara alami meskipun tidak dipanen dalam keadaan matang. Namun, jika Anda tidak sabar menunggu proses pematangan durian secara alami, Anda bisa menggunakan cara mematangkan durian secara cepat berikut ini.

Isi baskom dengan beras baru. Masukkan durian ke dalam baskom. Pastikan seluruh bagian durian terendam di dalam beras.

Tutup bagian atas baskom untuk mempersempit ruang udara di dalam baskom sehingga dapat meningkatkan suhu panas. Biarkan durian terendam di dalam beras selama 1×24 jam. Setelah 24 jam, angkat durian dari dalam baskom dan segera belah durian untuk mengecek apakah bagian dalamnya sudah matang atau belum. Cara ini sebenarnya tidak benar-benar menjamin durian bisa matang tepat waktu. Pasalnya, proses peram durian di dalam beras ini dapat menghasilkan dua kemungkinan selain durian yang Anda belah memiliki daging yang sudah matang, yakni belum sepenuhnya matang atau justru terlalu matang (hampir busuk).

2. Simpan Durian dalam Wadah Kedap Udara

Suhu panas memang berperan penting untuk mematangkan berbagai jenis buah, termasuk durian. Anda bisa menggunakan cara mematangkan durian dengan metode meningkatkan suhu panas. Akan tetapi, kenali dulu jenis durian yang akan dimatangkan. Pasalnya, beda varietas durian, beda pula waktu pematangannya. Sebagai contoh, durian chanee dapat matang dengan sendirinya dalam waktu dua hari setelah panen, meskipun dipetik dalam keadaan mentah. Sementara durian montong memerlukan waktu hampir satu minggu lebih agar bisa matang secara alam.

Cara mematangkan durian dengan suhu panas adalah menyimpan durian dalam wadah kedap udara. Suhu panas dan karbon dioksida yang tinggi akan mempercepat proses pematangan durian. Setelah 24 jam disimpan dalam wadah kedap udara, cek durian tersebut dari aromanya. Kalau durian mengeluarkan aroma yang harum dan manis, kemungkinan besar durian tersebut sudah matang. Namun, jika tidak ada bau yang tercium oleh hidung Anda kemungkinan durian belum matang dan bisa disimpan kembali di dalam wadah kedap udara selama 1-2 hari ke depan sambil terus dicek secara berkala.

3. Penggunaan Karbit untuk Mematangkan Durian

Tips mematangkan durian yang satu ini biasa dilakukan oleh oknum pedagang durian “nakal” yang ingin mengubah durian mentah agar nampak seperti durian matang. Tentu saja rasa durian matang di pohon akan sangat berbeda dengan rasa durian yang dimatangkan dengan karbit. Apabila Anda ingin mencoba cara ini, siapkan karbit terlebih dahulu. Karbit bisa dibeli di toko bahan bangunan dengan harga yang sangat terjangkau. Setelah mendapatkan karbitnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Masukkan durian ke dalam sebuah wadah yang bisa tertutup.

Bungkus karbit dengan kain setengah basah, lalu letakkan bungkusan karbit ini di dalam wadah yang sama dengan yang Anda pakai untuk menyimpan durian. Setelah itu, tutup rapat wadah penyimpanan selama 2-3 hari. Apabila sudah 2 hari, buka wadah dan cium aroma durian yang disimpan dengan karbit. Kalau aroma durian sudah harum, itu tandanya durian sudah matang.

Penggunaan karbit untuk mematangkan durian ini tidak memengaruhi kandungan gizi durian tersebut. Bahkan, sampai saat ini tidak ditemukan dampak pematangan durian karbit pada kesehatan orang yang mengonsumsinya. Hanya saja, para ahli gizi sangat mengecam cara dengan karbit ini.

Di samping itu, pematangan dengan karbit sudah jelas memengaruhi cita rasa durian. Rasa manis durian yang dimatangkan dengan menggunakan karbit jelas tidak sama dengan durian yang sudah matang di pohon. Kalau Anda pecinta durian sejati, Anda pasti tahu perbedaan rasa durian matang pohon dan durian matang dengan karbit karena perbedaanya sangat mencolok.

Nayya Farm Cileungsi menjual berbagai bibit buah unggul

Ready Stock Bibit Buah :

– Durian (Musang King, Bawor, Duri Hitam, Monthong, Durian Merah)

– Jeruk (Lemon California, Chokun, Santhang Madu, Nagami, Intan, Sankis, Purut, Garut)

– Rambutan (Binjai, Rapia)

– Kelengkeng (Merah, New Crystal, Mata Lada)

– Mangga (Harum Manis, Alpukat, Mahatir)

– Alpukat (Aligator, Miki)

– Jambu Crystal

– Anggur Beauty Krasotka,Ninel,Transfigurasi,Jupiter 

– Apel Futsa

– Anthurium, dll

Lokasi :

Nayya Farm Cileungsi

Mari budayakan menanam bibit buah di sekitar kita agar tercipta lingkungan indah nan asri

Info Hubungi :

0858 8818 5768 (Nayya Farm Cileungsi)

wa : wa.me/6285881885768

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *