Jual Bibit Unggul Durian Merah di Nayya farm Cileungsi
Jual Bibit Unggul Durian Merah di Nayya farm Cileungsi

Jual Bibit Unggul Durian Merah di Nayya farm Cileungsi

Mengenal Durian Merah

Melihat buah durian dengan daging berwarna putih tulang, kuning atau oranye mungkin sudah biasa bagi kita. Paling-paling kita akan ngmongin buah durian montong, musangking atau jenis durian lokal lainnya. Namun pernahkan anda melihat buah durian yang berwarna merah? Kalau belum, berarti Anda sudah melewatkan keberadaan salah satu buah durian terunik yang pernah ada. Yups, perkenalkan DURIAN MERAH. Sesuai dengan namanya, buah durian ini mempunyai daging buah berwarna merah solid, berbeda dengan jenis durian lainnya yang umumnya berwarna kuning atau putih tulang. Daging buahnya tebal, bertektur padat dan kering dengan biji berukuran kecil.

Buah durian merah menawarkan sensasi rasa yang lebih manis dengan aroma yang lebih menyengat. Selan itu, buah durian merah juga memiliki kadar alkohol yang relatif lebih rendah sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak dan tidak membuat perut kembung. Perpaduan unik antara daging buah yang berwarna merah dengan rasa yang lebih manis, membuat durian merah banyuwangi ini mempunyai tempat tersendiri bagi kalangan pecinta buah durian.

Selain mempunyai tampilan yang unik, buah durian merah juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, yang sangat baik bagi kesehatan tulang, buah durian ini juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yang sangat berguna untuk antioksidan dan menjaga daya tahan tubuh. Mengkonsumsi buah durian merah banyuwangi sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia diantara terbukti dapat membantu mengobati sembelit dan Menambah nafsu makan pada anak-anak dengan kandungan vitamin B1 nya.

Buah Durian Merah

Sejarah Durian Merah
Durian Merah Banyuwangi mempunyai sejarah panjang di Nusantara sejak zaman kerajaan. Mulanya durian ini cuma hidup dan tumbuh di hutan-hutan Kalimantan. Kemudian durian ini menyebar di Banyuwangi saat di sana berdiri Kerajaan Blambangan dimana para petingginya pernah menjelajah ke wilayah Kalimantan dan membawa pulang oleh-oleh berupa durian. Namun saat Banyuwangi diduduki oleh Inggris buah ini pernah nyaris punah akibat pohonnya banyak ditebangi dalam rangka pembuatan sarana transportasi kereta api. Kayu pohon Durian Merah dikenal sebagai bahan bakar yang baik untuk kereta api.

Pada jaman modern, buah Durian Merah pertama kali ditemukan di Desa Kamiren Banyuwangi. Kemudian menyebar di 5 wilayah kecamatan, yaitu: Songgon, Glagah, Kalipuro, Licin dan Giri. Masa pengembangan Durian Merah Banyuwangi telah dilakukan sejak tahun 2007. Saat itu hanya 3 pohon yang produktif. Namun sejak tahun 2014 sudah ada 200 pohon Durian Merah yang bisa dipanen tiap tahun.

Nayya farm Cileungsi

Saat ini terdapat 200 pohon dari 62 jenis durian merah asli Banyuwangi yang sukses dibudidayakan. Adapun di daerah Banyuwangi sendiri durian merah ini tidak tersedia di seluruh wilayah, alias cuma tumbuh di beberapa daerah. Semua tersebar dalam wilayah 5 Kecamatan. Yaitu: Giri, Licin, Kalipuro, Glagah dan Songgon. Dari ke 62 jenis varian Durian Merah tersebut yang dipublikasikan kepada publik baru 32 varian. Dan hanya 25 jenis yang edible atau dapat dimakan. Untuk agar durian unggulan ini tidak kehilangan identitasnya sebagai ikon daerah Banyuwangi maka setiap ada pengiriman bibit keluar daerah dilaksanakan pencatatan disaksikan notaris.

Sedangkan jenis yang layak masuk dalam kategori internasional ada 11 jenis varian. Karena ada beberapa syarat untuk masuk kategori internasional. Yaitu: beratnya harus standar antara 1,5 sampai 2 kg, tahan penyimpanan antara 2 sampai 3 minggu dan masih dalam kondisi baik saat dibekukan.

jualbibit.my.id

Keunggulan Durian Merah
Durian merah merupakan sebuah durian unik dan eksotik asli dari daerah Banyuwangi Jawa Timur. Sebagai salah satu durian lokal unggul tentunya buah durian merah banyuwangi memiliki keunggulan – keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis durian lainnya. Buah Durian ini memiliki warna khas yang unik tidak seperti durian lokal lainnya yang biasa kita temui. Buah durian merah memiliki ukuran buah yang cukup kecil dibandingkan dengan ukuran durian lokal. Bobot rata-rata hanya berkisar antara 1-2 kg/buah. Warnanya yang merah merona menarik untuk dipandang mata dan menggugah selera untuk mencobanya. Daging buahnya tebal dengan biji yang relatif kecil. citarasanya manis dengan aroma mewangi, sangat lezat dan tidak pahit.
Selain memiliki rasa yang manis, ternyata buah durian merah ini memiliki kadar alkohol yang rendah, sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan tak perlu khawatir mengalami mabuk durian.
Buah durian merah diyakini memiliki kandungan gizinya sangat tinggi. Buah durian merah mengandung senyawa-senyawa seperti: Afrodisiak, Fitosterol, Fitohormon, Kalsium dan Vitamin C, dll. Senyawa Afrodisiak dikenal sebagai obat kesuburan/anti mandul dan juga meningkatkan vitalitas pria. Senyawa fitosterol adalah senyawa yang mempunyai efek relaksasi pada tubuh manusia hidup. Senyawa Fitohormon dikenal didalam dunia medis sebagai zat anti aging/penuaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *